SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Rabu, 26 Oktober 2011

Terbukti... Satu Hektar Cukup 10 kg Benih Padi


     Satu kg benih padi mampu menghasilkan gabah kering panen sebanyak 850 kg.  Hal tersebut dibuktikan oleh seorang petani di Desa Klidang Wetan Kecamatan Batang dengan menanam padi varietas Ciherang di lahan seluas 1000 m2 dengan tehnik budidaya yang dilakukan dengan mengadopsi sistem tanam SRI.
     Limbah jerami sisa hasil panen dimanfaatkan menjadi pupuk melalui proses dekomposisi selama kurang lebih 3 minggu di lokasi/sawah.  Hasil dekomposisi tersebut ditaburkan di lahan bersamaan dengan pengolahan lahan.  Benih padi sebanyak 1 kg dirimbang dalam larutan garam,  direndam dalam air, ditiriskan dan disemai dalam besek (dikenal dengan pesemaian kering). Setelah berumur 12 hari di pesemaian, bibit dipindah tanam di lahan yang telah diolah macak-macak dengan  jarak tanam 30 x 30 cm dan jumlah tanaman 1 bibit per lubang tanam.  Pengairan dan pemupukan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman yaitu dengan pemupukan berimbang dan pengairan berselang. Untuk memudahkan pengelolaan pengairan dan pengendalian hama keong, dibuat caren atau selokan sepanjang pematang.

     Dari hasil pengamatan selama pertumbuhan vegetatif, ternyata pertumbuhan anakan sangat menakjubkan, karena rata-rata setiap rumpun menghasilkan anakan di atas 50 batang.  Dari hasil panenpun ternyata di atas hasil panen dengan tehnik budidaya konvensional.

Pembuatan pupuk dari jerami
Pesemaian kering


Jarak tanam 30 x 30 cm



Pertumbuhan vegetatif
Jumlah anakan banyak

2 komentar: